Pelatihan “Dasar Komputer Grafis Vektor dalam Ilustrasi Digital” untuk Seniman Jalanan di Komunitas Lingkar Rupa, Kota Tua, Jakarta

Authors

  • Fransisca Retno Rahardjo Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.35806/jcsse.v2i1.266

Keywords:

seniman otodidak, keterampilan digital, vector, ilustrasi, industri kreatif

Abstract

Seniman jalanan di Kota Tua adalah seniman otodidak yang berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah sehingga tidak punya biaya untuk sekolah dan belajar  keterampilan seni secara formal apalagi mengembangkan keterampilan digital  ke intitusi desain. Padahal keterampilan desain garfis saat ini sangat penting untuk merespon kebutuhan visual di masyarakat modern. Kemampuan digital memiliki keuntungan yang dapat memangkas waktu bagi kebutuhan mendesak  ditengah mobilitas produksi konsumsi industry kreatif yang cukup padat. Selain itu teknik dan media computer juga dapat meningkatkan nilai jual suatu karya seni yang berskala souvenir. Oleh karena itu penulis berniat untuk membuat suatu lokakarya mengenai ilmu dasar komputer grafis yang relevan dengan pekerjaan target sasaran para seniman jalanan yaitu produsen ilustrasi. Pengajaran pembuatan ilustrasi digital diharapkan mampu mengakselerasi ketrampilan para seniman otodidak tersebut dalam waktu yang cukup singkat yaitu dalam waktu dua hari saja.  Penulis akan memberikan pelatihan pembuatan vector, pemberian tugas, dan evalusasi serta menyediakan bahan software atau aplikasi yang akan digunakan. Dengan demikian para seniman jalanan inipun dapat meningkatkan taraf kehidupan mereka ke arah yang lebih baik juga dapat masuk dalam perhitungan para pelaku industry kreatif di dunia seni dan desain yang begitu luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M.Z., Sadewo, F.X.S. (2017). Analisis Fenomenologi Tentang Motif – Motif Sosial Penggiat Seni Jalanan Grafiti di Surabaya, Jurnal Paradigma, 5(1).

Bishop, C. (2004). Antagonism and Relational Aesthetics, October Magazine.Ltd and Massachusetts Institute of Technology.

Hujatnikajennong, A. (2015). Kurasi dan Kuasa, DKJ.

Kaplan, D & Manners, R.A. (2002). Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Minissale, G. (2013). The Psychology of Contemporary Art, Cambridge University Press.

Purwantono, A. (2012). Stensil Sebagai Media Aspirasi Dalam Wacana Desain Komunikasi Visual, Jurnal DEKAVE, 1(3).

Saifuddin, AF. (2006). Antropologi Kontemporer, Suatu Pengantar Kritis Mengenai Paradigma. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2022-04-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pelatihan “Dasar Komputer Grafis Vektor dalam Ilustrasi Digital” untuk Seniman Jalanan di Komunitas Lingkar Rupa, Kota Tua, Jakarta (F. R. Rahardjo , Trans.). (2022). Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment, 2(01), 10-17. https://doi.org/10.35806/jcsse.v2i1.266