Pengembangan Sistem Pembayaran Sekolah Berbasis Client-Server Java RMI Pada SMK Al-Manar
DOI:
https://doi.org/10.35806/jcsse.v3i1.354Keywords:
Client-server, Java programming language, MySQL, Payments system, RMIAbstract
Cara melakukan pembayaran sekolah dengan berbasis client-server menjadikan alternatif dalam pengembangan sistem. SMK Almanar Islamic School merupakan sekolah kejuruan dalam kegiatan pembayaran dilakukan dengan cara langsung ke bagian administrasi, dalam mengamati cara ini siswa tidak secara langsung mengetahui tagihanya hingga diperlukan integrasi sistem dengan mengunakan dua atau lebih komputer agar dapat digunakan untuk menyajikan laporan pembayaran. analisa serta perancangan pengembangan aplikasi pembayaran dengan melakukan penyelesaian dengan aplikasi berbasis client-server. Aplikasi dikembangkan melalui RMI (Remote Method Invocation) sehingga memudahkan sistem melakukan integrasi data dari dua atau lebih penguna komputer terhubung dalam koneksi jaringan lokal. Bahasa pemrograman Java fasilitas interface dengan layanan MRI. Dengan dukungan fitur data MySQL sehingga memudahkan penyajian laporan.
Downloads
References
R. Arif, K. Ummi and A. Saleh, "Penerapan Metode Remote Method Invocation Untuk Pengecekan Database Pada Jaringan Server," Jurnal FTIK, Vol. 1 No. 1, 2020.
A. R. Hidayatullah and M. R. Arief, "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Zakat berbasis Client Server pada Badan Amil Zakat," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2016.
A. Rochman, A. Sidik and N. Nazahah, "Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah," JURNAL SISFOTEK GLOBAL, Vols. Vol. 8 No. 1, Maret 2018, 2018.
A. Susanto and . M. Lukman, "Rancang Bangun Prototype RMI (REMOTE METHOD INVOCATION) untuk menghubungkan Sistem Bank Jateng dengan Sistem Pembayaran UDINUS," Techno.COM, , Vol. 11, No. 2, Mei 2012.
Maryanto, T. Cahyono and N. Chasanah, "Perancangan dan Implementasi Query Data Extractor Berbasis Remote Method-Invocation," JNTETI, Vols. Vol. 8, No. 1, Februari 2019, 2019.