Pencegahan Stunting Dengan Edukasi Lingkungan (sanitasi) dan Gizi Pada Ibu-Ibu Posyandu Gampong Blang Banda Aceh

Authors

  • Mery Silviana Universitas Abulyatama
  • Amalia Amalia Universitas Abulyatama
  • Lindawati Lindawati Universitas Abulyatama
  • Tety Sriana Universitas Abulyatama

DOI:

https://doi.org/10.35806/jcsse.v3i1.364

Keywords:

Stunting, Gizi, Sanitasi

Abstract

Menurut UNICEF sebanyak 7,8 juta anak mengalami stunting di Indonesia. Kondisi ini memposisikan Indonesia masuk ke dalam lima besar negara dengan jumlah anak yang mengalami stunting yang tinggi. Provinsi Aceh juga mempunyai prevalensi 31,2% jumlah stunting yang melebihi ambang batas yang telah ditetapkan WHO yaitu sebesar 20%. Oleh karena itu pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait stunting dengan mengadakan sosialiasi pada ibu-ibu posyandu Gampong Blang Banda Aceh. Ada dua materi sosialisasi terkait stunting yaitu lingkungan (sanitasi) dan gizi. Materi cetak juga diberikan kepada peserta. Dalam sosialisasi diadakan tanya jawab dan juga quiz dengan hadiah menarik sebagai indikator keberhasilan sosialisasi. Diakhir acara juga peserta diberikan bingkisan dan MPASI berupa sup sayur untuk balita, dengan harapan meningkatkan semangat peserta dalam mengikuti sosialisasi serupa

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Novita. 2022. “Faktor-Faktor Penyebab Kejadian Stunting Pada Balita.” Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Palayanan kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1529/faktor-faktor-penyebab-kejadian-stunting-pada-balita#:~:text=Kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan,bersih juga merupakan penyebab stunting.

Setiawan, Eko, Rizanda Machmud, and Masrul Masrul. 2018. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Usia 24-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang Tahun 2018.” Jurnal Kesehatan Andalas 7(2).

Supariasa, I Dewa Nyoman, and Heni Purwaningsih. 2019. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN Stunting PADA BALITA DI KABUPATEN MALANG.” Karta Rahardja 2(1): 55–64. http://ejurnal.malangkab.go.id/index.php/kr.

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Pencegahan Stunting Dengan Edukasi Lingkungan (sanitasi) dan Gizi Pada Ibu-Ibu Posyandu Gampong Blang Banda Aceh (M. Silviana, A. Amalia, L. Lindawati, & T. Sriana , Trans.). (2023). Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment, 3(02), 16-22. https://doi.org/10.35806/jcsse.v3i1.364