Menemukan Ide dan Perencanaan Bisnis pada Siswa SMK Tunas Markatin
DOI:
https://doi.org/10.35806/jcsse.v3i2.369Keywords:
ide, perencanaan, bisnisAbstract
Siswa sekolah menengah atas baik yang bersekolah di SMU maupun SMK harus memiliki kemampuan dalam mencari peluang usaha dan membangun bisnis agar mampu menopang perekonomian Indonesia ke depannya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah membekali siswa dan siswi SMK Tunas Markatin di Jakarta Timur dalam memberikan wawasan terkait kewirausahaan. Workshop dengan tema menemukan dan merencanakan ide bisnis pada siswa SMK Tunas Markatin Jakarta Timur bertujuan untuk membekali siswa dan siswi SMK agar memiliki kemampuan dalam mencari peluang usaha yang dapat menjanjikan hingga 10 tahun ke depan dan mencoba menyusun perencanaan bisnis. Observasi awal permasalahan yang dihadapi salah satunya peningkatan kompetensi hardskill dan soft skill sehingga tim mencoba membantu dalam memberikan materi-materi yang dapat guna kebutuhan tersebut. Kegiatan dilaksanakan sekitar 3 bulan mulai dari observasi, proposal, pembuatan materi, pelaksanaan hingga pembuatan laporan akhir. Manfaat kegiatan dapat menambah pengetahuan siswa terkait ide dan membuat perencanaan bisnis yang diharapkan bermanfaat ketika lulus dapat diaplikasikan dalam membuat usaha bisnis.
Downloads
References
McKinsey. (2016). Digital Tecnology Menuju Revolusi Industri 4.0. McKinsey.
Rahmanto. B. T., Nurjanah. S., dan Darmo. I. S. (2018) Peran Komunitas Dalam Meningkatkan Kinerja UKM (Ditinjau Dari Faktor Internal). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Fakultas Ekonomi UNIAT, Volume 3 Nomor 1. Hal. 1-10. DOI: 10.36226/jrmb.v3i1.80
Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0 . Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik Info Singkat, Vol. X, No. 9, 19-24.