Pelatihan Pemasaran Dan Komunikasi Pemasaran Digital Bagi UMKM Jakpreneur di Duren Sawit
DOI:
https://doi.org/10.35806/jcsse.v4i2.487Keywords:
pemasaran digital, pemasaran daring, komunikasi pemasaran digital, canvaAbstract
Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan dan tantangan bagi UMKM, terutama tuntutan pelanggan untuk berbelanja secara daring. Sayangnya belum semua UMKM memiliki kemampuan untuk menjalankan bisnisnya secara digital. Berdasarkan hal ini, dilakukan pelatihan kepada 53 UMKM yang merupakan anggota Jakpreneur. Topik pelatihan yang disampaikan adalah pemasaran digital dan desain komunikasi pemasaran digital menggunakan Canva. Tulisan ini membahas bagaimana pelatihan tersebut dapat membantu UMKM menjalankan strategi pemasarannya daring. Efektivitas pelatihan diukur melalui survei kepada seluruh peserta pelatihan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan efektif meningkatkan pengetahuan peserta dalam bidang pemasaran dan komunikasi pemasaran digital. Selain itu, peserta merasakan bahwa modul pelatihan sangat relevan (83%), penyampaian materi sangat baik (78,7%), dan pelatihan sangat penting bagi pengembangan bisnis UMKM (93.6%), pelaksanaan pelatihan terselenggara dengan sangat baik (91.5%). Tetapi peserta pelatihan menyarankan agar lama waktu pelatihan diperpanjang, pelatihan lebih sering dilakukan, dan pendampingan bisa diberikan untuk membantu implementasi pengetahuan yang telah diperoleh selama pelatihan.
Downloads
References
Aeni, S. N. (2022), “Pandemi Covid-19 dan Dampaknya terhadap Ekonomi”, tersedia di: https://katadata.co.id/safrezi/berita/62130e3d98f90/pandemi-covid-19-dan-dampaknya-terhadap-ekonomi?page=all/ (diunduh 18 November 2023).
Chaffey, D. & Ellis-Chadwick, F. (2022), Digital Marketing: Strategy Implementation and Practice, (8th ed.), Pearson: London.
CNN Indonesia. (2022), “Jakpreneur dan Kiprah Pengembangan UMKM di DKI Jakarta", tersedia di: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20221205190508-97-883169/jakpreneur-dan-kiprah-pengembangan-umkm-di-dki-jakarta (diunduh 18 November 2022).
Del Vecchio, P., Di Minin, A., Petruzzelli, A.M., Panniello, U. and Pirri, S. (2018), “Big data for open innovation in SMEs and large corporations: trends, opportunities, and challenges”, Creativity and Innovation Management, Vol. 27 No. 1, pp. 6-22.
Drucker, P. (1984), “Our Entrepreneurial Economy”, Harvard Business Review, Vol. 63 No. 1: 58-64.
Juergensen, J., Guimon, J. and Narula, R. (2020), “European SMEs amidst the COVID-19 crisis: assessing impact and policy responses”, Journal of Industrial and Business Economics, Vol. 47 No. 3, pp. 499-510.
Gavrilla, S.G. & Ancillo, A.L. (2020), “COVID-19 as an entrepreneurship, innovation, digitization and digitalization accelerator: Spanish Internet domains registration analysis”, British Food Journal Vol. 123 No. 10, pp. 3358-3390.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, (2021), ”Dukungan Pemerintah bagi UMKM agar Pulih di Masa Pandemi”, tersedia di: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi/ (diunduh 18 November 2023).
Magrizos, S., Apospori, E., Carrigan, M. and Jones, R. (2021), “Is CSR the panacea for SMEs? A study of socially responsible SMEs during economic crisis”, European Management Journal, Vol. 39 No. 2, pp. 291-303.
Mignenan, V. (2021), “Collective intelligence and entrepreneurial resilience in the context of covid-19”, International Business Research, Vol. 14 No. 9, pp. 1-21.
Prah, D. and Sibiri, H. (2021), “The resilience of African migrant entrepreneurs in China under COVID-19”, Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, Vol. 13 No. 5, pp. 1119-1133.
Pansiri, J. and Temtime, Z. T. (2006). “Assessing managerial skills in SMEs for capacity building”, Journal of Management Development, Vol. 27 No. 2, pp. 251-260.
Rahman, M.S., AbdelFattah F.A., Bag, S., and Gani M.O. (2021), “Survival strategies of SMEs amidst the COVID-19 pandemic: application of SEM and fsQCA”, Journal of Business & Industrial Marketing, Vo. 37 No. 10, pp. 1990–2009.
Tanova, C. & Nadiri, H. (2005), “Recruitment and training policies and practices: The case of Turkey as an EU candidate”, Journal of European Industrial Training Vol. 29 No. 9, pp. 694-711.
Temtime, Z.T. (2001), “The environmental scanning behavior of small and medium enterprises in developing economies: evidence from Botswana”, Pakistan Journal of Applied Sciences, Vol. 1 No. 2, pp. 263-9.Beckett, S. T. (2008). The science of chocolate (2nd ed.). Cambridge, United Kingdom: Royal Society of Chemistry.