PENGARUH UKURAN DEWAN KOMISARIS, SALES GROWTH DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
DOI:
https://doi.org/10.46273/gt9mpz05Keywords:
ukuran dewan komisaris, corporate social responsibility, sales growth, ukuran perusahaanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Sales Growth dan Ukuran perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility sektor barang baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2020-2022. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar sektor barang baku pada Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 85 perusahaan dari total 105 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan menggunakan software SPSS 26. Ukuran Dewan Komisaris dan Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh terhadap CSR. Sedangkan sales growth tidak berpengaruh terhadap CSR. Ukuran dewan komisaris, sales growth dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh sebesar 40,8% terhadap CSR, sedangkan 59,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
References
Adel, C., Hussain, M. M., Mohamed, E. K. A., & Basuony, M. A. K. (2019). Is corporate governance relevant to the quality of corporate social responsibility disclosure in large European companies? International Journal of Accounting and Information Management, 27(2), 301–332. https://doi.org/10.1108/IJAIM-10-2017-0118
Ayem, S., To, R., & Nuwa, W. (2021). Pengaruh likuiditas, leverage dan sales growth terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. FORUM EKONOMI, 23(4), 791–803. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Bouslah Abdelmajid Hmaittane Lawrence Kryzanowski Bouchra, K. M., & Molson, J. (n.d.). CSR structures: Evidence, drivers and firm-value implications.
Çera, G., Belas, J., Marousek, J., & Çera, E. (n.d.). DO SIZE AND AGE OF SMALL AND MEDIUM-SIZED ENTERPRISES MATTER IN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY? https://doi.org/10.14254/2071
Cristofel, C., & Kurniawati, K. (2021). PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Akuntansi Bisnis, 14(1). https://doi.org/10.30813/jab.v14i1.2468
Hunafah, D. R., Zahwa, S. F., & Hasnawati. (2022). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1615–1628. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14999
Imanuel, G., Deasy, S., & Rahayuningsih, A. (2022). KARAKTERISTIK PERUSAHAAN YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Vol.24, Issue 1). http://jurnaltsm.id/index.php/JBA
Juwono, S., & Mayangsari, S. (2022). Pengaruh Koneksi Politik, Kepemilikan Keluarga Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR Perusahaan. Jurnal Akuntansi Trisakti, 9(1), 1–26. https://doi.org/10.25105/jat.v9i1.10357
Liang, H., & Renneboog, L. (2020). Corporate social responsibility and sustainable finance: A review Corporate social responsibility and sustainable finance: A review of the literature of the literature. https://ink.library.smu.edu.sg/lkcsb_research/7001
Manajemen, J., & Keuangan, D. (n.d.). Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Independensi Dewan Komisaris, dan Komite Audit terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. 10(1), 2021.
Maury, B. (2022). Strategic CSR and firm performance: The role of prospector and growth strategies. Journal of Economics and Business, 118. https://doi.org/10.1016/j.jeconbus.2021.106031
Saputra, W. S. (2020). PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP INTELLECTUAL
CAPITAL. Jurnal Akuntansi Bisnis, 13(1). https://doi.org/10.30813/jab.v13i1.1967
Sari, P. P., & Pratiwi, R. D. (2023). Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Barang Baku Di Indonesia. Perspektif Akuntansi, 6(1), 74–93. https://doi.org/10.24246/persi.v6i1.p74-93
Sebastian, B., & Handojo, I. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Vol. 21). http://jurnaltsm.id/index.php/JBA
Setiawan, T., Adriana, F., Pardomuan, , & Sihombing, R. (n.d.). KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (CSRD) Company Characteristics, Profitability and Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD). In Journal of Business & Applied Management (Vol. 14, Issue 1). http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v14i1.2706
Shafirah Pratama, I., Risma, D., & 2, D. (2022). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap institutional ownership pada perusahaan high-profile yang listing di bursa efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 540. https://doi.org/10.29264/jinv.v18i3.11701
Tarigan, Y., Adisaputra, D., Negeri, P., Jurusan, B., Bisnis, A., Jalan, T., & Yani, A. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. 8(2), 163–170.
UKURAN_DEWAN_KEBERAGAMAN_DEWAN_DAN_PENGUNGKAPAN_TA. (n.d.).
Zulhaimi, H., & Nuraprianti, N. R. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 555–566. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.17729