Mewaspadai Praktik Greenwashing Dalam Implementasi ESG
DOI:
https://doi.org/10.46273/5eejxq04Keywords:
Sustainability; Greenwashing; Implementasi ESGAbstract
Keberlanjutan (sustainability) telah menjadi isu penting dalam dunia bisnis, mendorong perusahaan untuk mengadopsi praktik ramah lingkungan. Di Indonesia, meskipun kesadaran mengenai keberlanjutan masih berkembang, tren ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Seiring dengan itu, fenomena greenwashing muncul sebagai upaya perusahaan untuk menyesatkan konsumen tentang klaim ramah lingkungan yang tidak didukung oleh tindakan nyata. Praktik ini tidak hanya merusak kepercayaan konsumen, tetapi juga berdampak pada reputasi perusahaan dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena greenwashing di Indonesia, menjelaskan faktor-faktor penyebabnya, serta dampaknya terhadap kepercayaan konsumen dan kinerja keuangan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis konten dari data sekunder yang diperoleh melalui artikel berita dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun regulasi ESG (Environmental, Social, and Governance) telah diterapkan di Indonesia, praktik greenwashing masih marak terjadi, dengan perusahaan-perusahaan seperti Nestle, Shell, dan Adaro Energy sebagai contoh kasus. Greenwashing sering kali digunakan untuk meningkatkan citra perusahaan tanpa komitmen nyata terhadap keberlanjutan, yang berisiko merusak kepercayaan konsumen dan reputasi perusahaan. Oleh karena itu, peran media dan kesadaran publik sangat penting dalam mengawasi praktik-praktik misinformasi terkait keberlanjutan.
References
Ahmadi, M. A., & Mahargyani, P. A. (2024). PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN (GREEN AWERENES) AKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN: LITERATURE REVIEW. Journal of Finance, Business, and Economics, 2(1), 01-12.
Anggela, N. L. (2022, December Tuesday). Sri Mulyani Sebut Greenwashing Bakal Jadi Tantangan Ekonomi Hijau. Retrieved from Bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20221213/9/1608038/sri-mulyani-sebut- greenwashing-bakal-jadi-tantangan-ekonomi-hijau
Cherry, M. A. (2014). THE LAW AND ECONOMICS OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY AND GREENWASHING. U.C. Davis Business Law Journal.
Delmas, M. A., & Burbano, V. C. (2011). THE DRIVERS OF GREENWASHING. Forthcoming California Management Review.
Dirga, A., Setiawan, T., & Breliastiti, R. (2024). Analisis Jejak Karbon Pada Pembelajaran Kelas. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi; Volume 8 Nomor 3; E–ISSN : 2548-9224; P–ISSN : 2548-7507, 2064-2075.
Howland, D. (2024, July 22). Lululemon pushes back against greenwashing claims. Retrieved from Retail Dive: https://www.retaildive.com/news/lululemon-pushes-back-against- greenwashing-claims-lawsuit/721878/
Inawati, W. A., & Rahmawati. (2023). DAMPAK ENVIRONMENTAL, SOCIAL, DAN GOVERNANCE (ESG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN. Jurnal Akademi Akuntansi, 6(2), 235-241.
Kaonang, G. (2024, January 23). Survei: Kesadaran Masyarakat Indonesia Terhadap Isu Lingkungan Cukup Tinggi. Retrieved from Solum.id: https://solum.id/green-lifestyle/survei-kesadaran-masyarakat-indonesia- terhadap-isu-lingkungan-cukup-tinggi/
Li, W., Li, W., Seppänen, V., & Koivumäki, T. (2022). Effects of greenwashing on financial performance: Moderation through local environmental regulation and media coverage. Business Strategy adn the Environment, 32(1), 820-841.
Minggu, A. M., Aboladaka, J., & Neonufa, G. F. (2023). Environmental, Social dan Governance (ESG) dan Kinerja Keuangan Perusahaan Publik di Indonesia. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 7(2), 1186-1195.
MUSTA’ANAH, N. (2024). PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL DAN GOVERNANCE (ESG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2019-2022.
Oktariyani, A. (2024). ANALISIS PENGUNGKAPAN EMISI KARBON PERUSAHAAN DALAM LAPORAN TAHUNAN DAN KEBERLANJUTAN SUBSEKTOR TRANSPORTASI SEBAGAI BENTUK LEGITIMASI PERUSAHAAN. Equivalent: Journal Of Economic, Accounting and Management, 2(2), 487 - 500.
Peterdy, K. (n.d.). ESG (Environmental, Social, & Governance). Retrieved October 7, 2024, from Corporatefinanceinstitute.com: https://corporatefinanceinstitute-com.translate.goog/resources/esg/esg- environmental-social- governance/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=sge#:~:te xt=lain%20dari%20CSR.-,Lingkungan%2C%20Sosial%2C%20dan%20Tata%20Kelola%20(ESG),u ntuk%20memaksima
POJK Nomor 51/POJK.03/2017. (2017, July 27). Retrieved from ojk.go.id: https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/regulasi/peraturan- ojk/Pages/POJK-Penerapan-Keuangan-Berkelanjutan-bagi-Lembaga-Jasa- Keuangan,-Emiten,-dan-Perusahaan-Publik.aspx
Salsabila, D. A. (2024). DAMPAK GREENWASHING PERCEPTION TERHADAP CONSUMER’S GREEN REPURCHASING INTENTION PADA KONSUMEN SPBU SHELL (MODEL MEDIASI PERCEIVED BETRAYAL DAN MODERASI ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY).
Setiawan, T., Ahalik, & Soekamto, Y. L. (2023). ANALISA ONLINE LEARNING DALAM PERSPEKTIF CARBON EMISSION COST. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 7, Nomer 2, 220-237.
Surjadi, M., Hakki, T. W., Rusli, Y. M., & Supiadi, S. (2023). KEPEDULIAN MANAGEMEN DENGAN LINGKUNGAN HIJAU SEBAGAI PEMODERASI ANTARA INOVASI HIJAU TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG BERKELANJUTAN. Accounting Cycle Journal, Vol. 4, No. 2, E-ISSN:2721-6578, 34-44.
Wagner, T., Lutz, R. J., & Weitz, B. A. (2009). Corporate hypocrisy: Overcoming the threat of inconsistent corporate social responsibility perceptions. Journal of Marketing, 73(6), 77-91.
Wongkar, E. E., & Apsari, P. K. (2021, December). Telaah Kebijakan Sustainable Consumption and Production (SCP) dalam Merespons Fenomena Greenwashing di Indonesia pada Era E-Commerce. (R. G. Sembiring, & G. A. Widyaningsih, Eds.) Retrieved from Indonesian Center for Enviromental Law: https://icel.or.id/media/pdf/TelaahKebijakanSustainableConsumptionandP roductionSCPdalamMeresponsFenomenaGreenwashingdiIndonesiapadaEr aECommerce.pdf
Yue, J., & Li, Y. (2023). Media attention and corporate greenwashing behavior: Evidence from China. Finance Research Letters, 55.