STAR CHEFS SIGNATURE DISHES ON-BOARD GARUDA INDONESIA DALAM MENDUKUNG NATION BRANDING INDONESIA

Authors

  • Divania Citra Savitri STIKOM The London School of Public Relations
  • Jakarudi Jakarudi STIKOM The London School of Public Relations
  • B. Sri Tunggul Panindriya STIKOM The London School of Public Relations

Keywords:

cultural diplomacy, gastrodiplomacy, nation branding, Garuda Indonesia

Abstract

Menduniakan makanan Indonesia tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah tetapi juga dapat dilakukan oleh non-pemerintah seperti pengusaha, investor, atau masyarakat. Saat ini, budaya merupakan salah satu aspek penting yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mengenalkan Indonesia. Indonesia memiliki keberagaman makanan yang termasuk dalam aspek kebudayaan. Makanan dapat dijadikan sebagai alat diplomasi yang dikenal dengan gastrodiplomacy. Garuda Indonesia merupakan salah satu aktor negara yang memiliki tujuan untuk menduniakan makanan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dianalisis dengan menggunakan tiga konsep yaitu cultural diplomacy, gastrodiplomacy, dan nation branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya Garuda Indonesia dalam mendukung nation branding Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Star Chefs Signature Dishes On-Board Garuda Indonesia dapat digunakan untuk mendukung nation branding Indonesia dengan menyajikan makanan Indonesia yang menggunakan rempah-rempah asli Indonesia untuk menciptakan kesan Indonesia yang memiliki cita rasa dan aroma yang kaya. Keinginan Garuda Indonesia untuk menduniakan kuliner Indonesia dapat dijadikan sebagai inovasi dari kegiatan gastrodiplomacy.

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

STAR CHEFS SIGNATURE DISHES ON-BOARD GARUDA INDONESIA DALAM MENDUKUNG NATION BRANDING INDONESIA (D. C. Savitri, J. Jakarudi, & B. S. T. Panindriya , Trans.). (2018). Journal of Business And Entrepreneurship, 6(2), 13-21. https://ojs.sampoernauniversity.ac.id/index.php/JOBE/article/view/44